Cara Menyambung Kabel USB Ekstender Menggunakan Kabel UTP


Terbesit dalam pikiran pada saat Membuat Antena Wajan Bolic, untuk menghubungkan antena Wajan yang basic nya menggunakan USB Wireless, merasakan kesulitan mencari kabel USB Ekstender yang cukup panjang (minimal 7-10 M). mencoba browsing di toko-toko online harganya cukup mahal.
Disitu mulai berfikir untuk mencari alternatif lain yang sekiranya mudah didapat, dari berbagai referensi yang didapat, maka ditemukanlah solusi yaitu Menyambung Kabel USB Ekstender Menggunakan Kabel UTP.

Adapun manfaat menggunakan kabel UTP antara lain :
  1. Jika dengan menggunakan kabel UTP dapat menekan biaya cost perorangan atau perusahaan, karena kabel lan yang beredar dipasaran harga masih terjangkau dan relatif disetiap tempat.
  2. Kabel UTP lebih mudah didapatkan hampir disetiap tempat toko komputer atau toko listrik, dan apabila mau cari tempat yg lebih murah bisa coba ke Harco Mangga Dua.
  3. Untuk connectornya juga bisa ditemui di Harco Mangga Dua atau glodok, bilang saja connector USB Male dan USB Female. atau jika sudah ada kabel usb standard bawaan toko maka itu tinggal dipotong dan nantinya disambung dengan kabel lannya. (namun untuk trik menyambung sebaiknya harus dilihat dulu kwalitas kabel usb dari toko tsb, karena dikhawatirkan menggunakan kabel yang sangat tipis sekali, sehingga nantinya akan menggangu performancenya.
  4. Tidak ada pengaruh terkait speed yang dihasilkan printer tersebut meskipun jarak kabel diperpanjang.
  5. Pastinya waktu yg dibutuhkan sangat cepat.


Cara Menyambungnya :
  1. Sipakan kabel USB dan potong menjadi 2 bagian. atau anda dapat membeli connector USB Male dan Female
  2. Jika sudah, anda bisa mengupas masing-masing kabel dan mengambil ujung kabel tersebut.
  3. Anda akan melihat bahwa kabel USB terdiri dari 4 bagian yaitu warna Merah , Biru , Putih  dan Hitam.
  4. Sedangkan kabel UTP yang terdiri dari 8 bagian yaitu : Putih orange, Orange, Putih Hijau, Hijau, Putih Biru, Biru, Putih Cokelat, dan Cokelat
  5. Disini tugas anda adalah menyambungkan dari 8 kabel (UTP) menjadi 4 kabel (USB), maka pisahkan lalu sambungkan kabel-kabel diatas dengan solder sehingga menjadi seperti ini :
  6. Setelah anda solder, anda tinggal menutup hasil solder tadi dengan lakban atau sloptip agar tidak saling menyentuh kabel satu sama lainnya, kemudian rapihkan.



Lebih baru Lebih lama